Sunday, June 6, 2010

Pegawai yang Lebih Apes dari Ibu Sri Mulyani

(Untuk mempermudah pemaknaan tulisan ini, dengan ketersengajaan, akan ditulis tanpa menggunakan huruf besar atau huruf capital. Di samping itu, tulisan tanpa huruf capital sudah jamak dijumpai dalam berbagai SMS maupun e-mail. Demikian agar mafhum dan maklum.)

mutasi

mutasi, utamanya bagi mereka yang berokupasi selaku pegawai, adalah hal yang jamak terjadi dalam perjalanan karirnya seseorang. makna mutasi, dalam korelasi tulisan ini, mengandung arti adanya perpindahan tugasnya seseorang pegawai dari satu lokasi ke lokasi lain. titik beratnya di sini adalah lokasi atau tempat bekerja. bukan jenis pekerjaan atau tanggung jawab yang diembannya. meski demikian tidak tertutup kemungkinan dalam hal mutasi, di samping pindah lokasi, juga berganti peran dan peta tanggungjawab. mutasi yang berbarengan dengan kenaikan jabatan atau pangkat disebut mutasi promosi. jika berbarengan dengan penurunan gaji, pangkat dan atau jabatan dinamakan mutasi hukdis (hukuman disiplin). mutasi yang berbarengan dengan berganti peran, disebut mutasi rotasi. semua aktivitas di atas terjadi dalam lingkup masih dalam satu atap organisasi.

jika lingkupnya sudah berbeda organisasi itu tidak lazim disebut mutasi. mutrasi atau ngemut trasi barangkali jauh lebih pas. contoh sederhana adalah ibu sri mulyani, semula menteri keuangan negara ri lalu berpindah ke amerika menjadi salah satu direktur di bank dunia. terlepas dari karena masalah bank century atau ‘pamit tuku trasi’ yang jelas, seperti lagu sri minggat, beliau tidak lagi bekerja di negeri sendiri. dan ini tidak masuk kategori ‘mutasi’.

ada satu kisah sedih di hari minggu yang slalu menyiksaku. kisahnya adalah seonggok pegawai, orang malang, baru beberapa tahun bekerja eh sudah mutasi. namanya orang malang, eh baru saja dia di sorong tahu-tahu sudah di palu. belum lama di palu terus di lombok. enggak selesai sampai di situ, setelah di lombok terus di biak.

sangat sebentar bisa mengambil napas, musibah tak diundang pun datang.ia dipanggil, suka atau tidak suka, dia akan di sukabumi kan. Prosesnya di akan di mutasikan ke lahat dulu, di balikpapan, dan lengkapnya sukabumi kan. satu-satunya kenang-kenangan yang diberikan oleh perusahaan tempat dia mengabdi hanyalah sebuah nisan. tidak disebutkan nisan yang dimaksud itu jenis livina atau terrano.

---

No comments:

Post a Comment