Friday, June 18, 2010

World Cup 2010 : Grup C Partai Neraka !!!

Grup C jungkir balik tidak karuan. Keadaan ini menambah bukti bahwa banyak kejutan terjadi di World Cup 2010. Bola jabulani yang bundar dalam iringan trompet vuvuzela yang nyaring, menyuguhkan berbagai keanehan ‘sihir’ yang menakjubkan. Lalu apa yang terjadi jika putaran pertama buat grup C usai di tanggal 23 Juni nanti? Negara mana yang boleh melenggang ke babak 16 besar, dan Negara mana yang harus angkat koper?

Slovenia memiliki peluang terbesar untuk masuk. Satu-satunya kemungkinan yang mampu menggusurnya tanpa syarat hanya dan hanya jika Slovenia dikalahkan Inggris dan Amerika memenangi laganya atas Aljazair.

Slovenia dapat pula tergusur jika Slovenia kalah dengan syarat Aljazair menang dengan jumlah gol yang dapat melebihi Slovenia. Misal Amerika ditekuk 3-0, maka Aljazair akan memperoleh gol memasukkan 3 dan kemasukan 1. Sementara Slovenia tetap memasukkan 3 dan kemasukan 2.

Cukup bermain draw bagi Slovenia tiket ke babak berikutnya sudah dapat digenggam di tangan. Jika Slovenia draw dan Amerika unggul atas Aljazair maka selisih gol akan menentukan peringkat 1 dan 2 di grup C ini. Jika Amerika mampu menyingkirkan Aljazair dengan selisih gol 2 maka Amerika akan bertengger di peringkat pertama. Amerika dan Slovenia memiliki nilai masing-masing 5.

Jika Amerika dan Inggris dalam pertandingan terakhirnya masing-masing mampu menekuk lawannya maka skuad The Three Lions dan pasukan The Yank akan masuk. Selisih gol akan menentukan siapa yang bertengger di peringkat pertama dan siapa yang jadi runner up-nya. Kedua kesebelasan ini akan meraih masing-masing nilai 5.

Jika Slovenia unggul atas Wayne Rooney dkk maka ia berhak didampingi oleh kesebelasan pemenang laga antara Amerika dan Aljazair. Dalam hal ini posisi Amerika lebih baik dari Aljazair. Ia hanya membutuhkan nilai seri saja.

Karena semua kemungkinan dapat terjadi, semua kesebelasan masih memiliki peluang untuk masuk ke putaran 16 besar. Di samping melakukan konsolidasi dan merencanakan strategi paling jitu di pertandingan akhir, ada baiknya manager masing-masing tim mencari ‘cara alternatif’. Berdoa dan puasa itu hal positip. Tapi yang negatip juga dapat ditempuh. Kebetulan kejuaran berlangsung di Benua Afrika, maka sang manager bisa saja mencari dukun ‘voodoo’ yang ampuh. Dengan cara ini diharapkan penyerang lawan akan mencret sepanjang pertandingan. Pergantian celana pemain pasti terbatas. Tak mungkin lah ganti sampai duapuluh kali!

---

No comments:

Post a Comment